Asrama Pertama

4.8/5
100+ Reviews
4.5/5
30+ Reviews
4.7/5
50+ Reviews
5/5
20+ Reviews

Sejarah Asrama Pertama

Kegiatan awal belajar mengajar yang diadakan di Pondok Pesantren Darussalam Kunir bertempat di Mushalla Darussalam sebagai bangunan pertama yang menjadi simbol berdirinya pondok pesantren. Penggunaan mushalla tersebut tidak hanya sebatas untuk kegiatan pengajian dan kegiatan belajar mengajar saja, namun juga digunakan untuk asrama santri putra, sementara santri puteri masih berasrama di kediaman pengasuh.

Seiring berjalannya waktu, Darussalam Kunir pun semakin dikenal masyarakat luas, sehingga santri putera terus meningkat jumlahnya, belum lagi ditambah oleh santri dari masyarakat sekitar yang ngalong, yang hanya ikut belajar mengaji saja (red: tidak menetap). Beberapa bulan kemudian santri putera yang menetap mencapai 45 orang sehingga mushalla yang hanya berukuran 5×6 m²  itu tak lagi mampu menampung mereka untuk digunakan sebagai asrama.

Melihat hal tersebut bapak pengasuh merasa perlu untuk segera membangun asrama untuk mereka. Pembangunan asrama pun dilaksanakan, sebuah bangunan sederhana yang terbuat dari bahan bambu dan kayu jati sebagai tiangnya, berpola bangunan panggung.

Setelah berdirinya bangunan sederhana itu kemudian santri putera yang sebelumnya menggunakan mushalla sebagai kamar mereka, pindah menempati kamar itu, meski jika digunakan untuk tempat tidur tidak memadai, namun kamar itu cukup nyaman untuk dijadikan asrama mereka. Oleh karenanya kamar itu hanya digunakan untuk menyimpan pakaian dan barang-barang pribadi mereka, adapun untuk tidur, sebagian masih memilih untuk tidur di mushalla.

Kamar ini dinamai Pusaka singkatan dari Pusat Ubudiyah Santri Kampus. Diharapkan para santri yang telah menetap didalamnya akan lebih nyaman untuk melaksanakan ibadah (karena mushalla sudah tidak lagi dijadikan asrama bagi mereka), dan melakukan kegiatan muraja’ah, muthala’ah atau diskusi bersama. Pondok Pusaka dari sejak berdirinya Pondok Pesantren Darussalam Kunir dihuni pertama kali oleh santri putera yang berjumlah 45 orang.

Dalam sejarah perkembangannya, asrama inilah yang kemudian dijadikan asrama pertama yang dibangun di pondok pesantren ini, maka hingga saat ini, bangunannya masih utuh karena dijaga untuk dijadikan sebagai kaca spion kemajuan pondok pesantren dan menjadi bukti sejarah.

Pusaka telah mengalami beberapa renovasi di beberapa bagian bangunannya, karena kondisi bahan baku yang hanya terbuat dari bambu sehingga mudah keropos dan hancur, namun struktur dan pola bangunannya masih dipertahankan dan tidak diubah.

Seiring meningkatnya jumlah santri, maka beberapa bangunan pun menyusul dibangun untuk memadai kuantitas santri tersebut, sehingga bangunan Pusaka, sebagai asrama yang dikukuhkan sebagai bangunan bersejarah itu, telah mengalami perpindahan lokasi. Bangunannya yang berpola panggung dan bahannya yang sebagian besar terdiri dari bahan kayu, membuat Pusaka mudah untuk dipindah-posisikan kemana saja.

Pada awal didirikannya, Pusaka hanya berjarak beberapa meter saja dari Mushalla Darussalam, kemudian setelah berdirinya bangunan-bangunan lain ia dipindahkan ke tempat lain karena faktor lahan dan efesiensi.

Hingga saat ini Pusaka ditempatkan di sebuah lahan di belakang kampus perkuliahan berdekatan dengan lapangan bola. Disekitarnya ditumbuhi beberapa pohon bambu dan bunga-bunga hiasan yang asri.

Setelah 27 tahun berdiri, Pondok Pesantren Darussalam Kunir telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai, sehingga jika ditilik kepada sebuah bangunan pusaka itu akan sangat jauh perbandingannya. Untuk itulah bangunan Pusaka masih dilestarikan hingga saat ini.

 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Markus Dumble

CEO Global BMT

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Alan Ginsburg
Smart GH
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Kate Bucher
Learning Online
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Bill Mingo
CarRepair